Selamat Buat Barca

barcelona-crest-posterSelama ini klub sepak bola kegemaranku adalah Liverpool. Tapi semenjak Barcelona dilatih oleh Pep Guardiola, rasanya aku harus berpaling hati dari Liverpool. Barcelona menampilkan permainan sepak bola yang sungguh menarik. Terus menyerang dan menyerang hingga pluit pertandingan dibunyikan tanda berakhir, dan hasilnya adalah juara Copa del Rey, La Liga dan Liga Champions.

Statistik Barcelona pada La Liga bahkan menunjukkan bahwa tim ini sangat produktif dibandingkan tim lain. Dengan catatan memasukkan 105 gol dan hanya kebobolan 35 gol. Pesaing di belakangnya adalah Real Madrid yang “hanya” membuat 83 gol dan 52 kali kebobolan. Statistik ini sungguh membanggakan. Barcelona tidak hanya piawai menjebol gawang lawan, tapi juga sangat jago dalam hal bertahan.

Tridente penyerang Barca sangatlah ditakuti di La Liga. Samuel Etoo menyumbang 30 gol, Lionel Messi 23 gol, dan Thierry Henry 19 gol, belum lagi gol di ajang resmi lainnya seperti Copa del Ray ataupun Liga Champions. Trio lapangan tengah yang dimotori oleh Xavi Hernandez, Andres Iniesta dan Yaya Toure begitu perkasa di setiap pertandingan. Bahkan pada saat final Liga Champions melawan Manchester United, Anderson, Carrick, Ronaldo dan Giggs tidak berdaya melawan ketiganya.

Untuk musim depan menurut rumor yang beredar, Barca mencoba untuk merekrut Cesc Fabregas. Wah tentu saja ini berita yang wooowww sungguh – sungguh menarik. Siapa yang menyangsikan kepiawaian beliau dalam memberikan nyawa dalam permainan Arsenal. Juga berhembus kabar akan merekrut David Villa, David Silva dari Valencia atau Frank Ribery dari Bayern Muenchen.

Saran untuk Pep Guardiola dari saya. Pertahankan saja The Winning Team yang ada. Cari pelapis untuk Eric Abidal setelah Silvinho dilepas oleh Barca. Maksimalkan pemain muda hasil didikan Barca seperti Bojan Krkic Pérez, Sergi Busquets Burgos, Victor Sánchez Mata ataupun si anak hilang Gerard Piqué Bernabeu. Andaikata merekrut pemain baru hendaknya merekrut pemain bintang berlabel lokal seperti David Villa, David Silva dan tentu saja Cesc Fabregas.

Semoga jejak kesuksesan Pep Guardiola bisa diikuti oleh Ciro Ferara di Juventus dan Leonardo di AC Milan. Dan semoga Lionel Messi menjadi pemain terbaik dunia.

Posted by Eko Budiwiyanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: