Liverpool 2010

Musim 2010/2011 sebentar lagi akan dimulai. Geliat transfer mulai memanas, terutama setelah berakhirnya Piala Dunia 2010. Bintang-bintang yang bersinar otomatis menjadi komoditi yang laris manis diburu oleh klub-klub berduit. Disini saya ingin mendiskusikan salah satu kebanggaan saya, yaitu Liverpool :

Hingga saat ini Liverpool sudah mendatangkan Joe Cole (Chelsea), Milan Jovanovic (Standar Liege), Danny Wilson (Glasgow Rangers), Jonjo Shelvey (Charlton) dan terus mengincar beberapa pemain seperti Marcell Jansen (Hamburg) hingga Rafael Van der Vaart (Madrid)

Masuknya Roy Hodgson menggantikan Rafa Benitez sedikit banyak akan mempengaruhi gaya bermain Liverpool. Jika selama ini cenderung memainkan satu striker atau mengandalkan Torres sendirian di depan. Maka Hodgson akan memainkan dua striker sekaligus, entah Torres berduet dengan siapa. Malahan menurut saya lebih baik menjual Torres selagi masih laku dengan harga tinggi, karena Torres saat ini sangat rentan cedera. Chelsea, Barcelona atau Manchester City dikabarkan sangat berminat terhadap striker timnas Spanyol tresebut. Toh, stok striker di Liverpool masih banyak seperti Dirk Kuyt, David N’Gog, Ryan Babel atau rekrutan baru Milan Jovanovic. Apalagi saya lihat Hodgson senang memakai striker jangkung, seperti pada saat melatih Fulham. Kita mungkin ingat Bobby Zamora adalah striker andalannya. Mascherano yang sudah setengah hati pun rasanya juga pantas dilepas. Keinginannya mengikuti Rafa Benitez lebih besar ketimbang harus bertahan di Anfield. Andilnya selama ini juga tidak begitu terasa,malahan sering merugikan tim, karena sering mendapatkan kartu merah. Alangkah baiknya peran Lucas dan Aquillani lebih dimaksimalkan di posisi lapangan tengah.

Roy Hodgson juga gemar memainkan empat bek yang sejajar, tanpa harus bermain dengan bek sayap yang rajin membantu serangan. Keempat bek yang lebih fokus menjaga pertahanan daripada membantu serangan. Bisa jadi Glen Johnson yang hobi membantu serangan diinstruksikan lebih bertahan. Masuknya Joe Cole akan menambah kekuatan di lini tengah. Kemungkinan besar akan dimaksimalkan di posisi sayap. Semasa di Chelsea dia terbiasa main di sayap kanan.

Mudahan-mudahan Liverpool lebih sering menurunkan darah muda yang dimiliki. Berilah jam terbang lebih kepada Lucas (23 tahun), David N’Gog (21 tahun), Danny Wilson (19 tahun) agar semakin matang dan bisa menjadi bintang. Jangan seperti Benitez yang kurang percaya dengan pemain muda.

Memang Liverpool bukan klub yang kaya, tidak seperti Manchester City, Madrid atau Barcelona. Yang dengan mudah mengucurkan fulus untuk membeli pemain berlabel bintang.Mungkin dengan meminjam adalah pilihan bijak. Beberapa pemain bagus yang mungkin bisa dipinjam karena jarang dimainkan di klubnya antara lain : Klas Jan Huntelaar (Milan), Rafael Van der Vaart (Madrid).

Semoga Liverpool bisa juara tahun ini, meskipun sangat berat. Tapi minimal bisa masuk empat besar. Good Luck Mister Hodgson….You”ll Never Walk Alone

Posted by Eko Budiwiyanto

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: